
Kejayaan Pendidikan Islam Pijakan Peradaban Manusia
Umat Islam yang cinta ilmu melakukan rihlah ilniyah. Perjalanan yang dilakukan mencari ilmu dari wilayah pusat ilmu pengetahuan. Sistem pendidikan masa Dinasti Abbasiyah memberi keleluasaan para pencari ilmu untuk mencari guru-guru mereka sesuai dengan bidang kajian yang diminati. Demikian pula para guru melakukan perjalanan selain untuk belajar juga mengajar. Mencermati sistem ini dapat disebut dengan learning society yaitu proses pembelajaran non-formal dengan menjadikan masyarakat/orang lain sebagai pendidik.
Nicholson menjelaskan sebagaimana yang dikutip Syalabi bahwa melakukan perjalanan ilmiah laksana lebah mencari bunga ke tempat yang jauh kemudian mereka kembali ke kota kelahirannya dengan membawa madu yang manis. Proses culture contact berlangsung terus menerus hingga menimbulkan adanya dinamika sosial baik antar masyarakat Islam maupun masyarakat non-Islam. Dinamika sosial akan melahirkan ilmu-ilmu baru.
Lembaga-lembaga Pendidikan Islam
Pelaksanaan pendidikan pada masa Dinasti Bani Abbasiyah melalui lembaga-lembaga pendidikan. Lembaga pendidikan tersebut melakukan proses pendidikan sesuai dengan kurikulum dan tujuan pembelajarannya.
- Kutab
Sejarah khuttab telah ada sebelum Islam. Kutab merupakan lembaga pendidikan dasar. Kurikulum sesuai makna kata dasar kattaba yang berarti menulis atau tempat menulis. Lembaga ini tetap menjadi lembaga awal dalam pendidikan Islam. Pada akhir abad pertama hijriyah, kutab selain mengajarkan menulis dan membaca, materi ajar ditambah dengan pembelajaran membaca al Qur`an serta pokok ajaran Islam serti tauhid, aqidah, dan akhlak.
- Pendidikan di Istana
Pendidikan anak di istana berbeda dengan pendidikan di kutab pada umumnya. Di istana orang tua murid membuat rencana pelajaran yang selaras dengan anaknya. Guru yang mengajar disebut Mu`addib, karena berfungsi mendidik budi pekerti dan mewariskan kecerdasan serta pengetahuan. Pendidikan ini bertujuan untuk menyiapkan calon-calon pemimpinan yang berkahlak.
- Rumah-Rumah Para Ulama (Ahli Ilmu Pengetahuan)
Pada masa kejayaan perkembangan ilmu pengetahuan dan kebudayaan Islam, rumah-rumah para ulama dan ahli ilmu pengetahuan menjadi tempat belajar dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Di antaranya, rumah Ibnu Sina, al Ghazali, Ali Ibnu Muhammad al Fashihi, Ya`qub Ibnu Killis, Wazir Khalifah, dan al Aziz Billah al Fathimy.
- Majelis Kesusasteraan
Khalifah melakukan Majelis khusus yang dikenal dengan istilah majelis kesusasteraan. Majelis ini dilaksanakn di Istana untuk membahas berbagai macam ilmu pengetahuan. Pada masa kekuasaan khalifah Harun Arrasyid, majelis ini berkembang dengan pesat, hal ini disebabkan keterlibatan langsung khalifah karena kecintaannnya terhadap ilmu pengetahuan. Ulama-ulama yang terkenal yang memanfaatkan majelis ini untuk berdiskusi, antara lain Sibawaih, Al-Kisa’I, Yahya bin Khalid Al-Barmaki.
- Toko-Toko Kitab
Toko-toko kitab bukan hanya sebagai tempat berjual beli saja, tetapi juga sebagai tempat berkumpulnya para ulama, pujangga, dan ahli-ahli ilmu pengetahuan untuk berdiskusi, berdebat, bertukar pikiran dalam berbagai masalah ilmiah atau sekaligus sebagai lembaga pendidikan dalam rangka pengembangan berbagai macam ilmu pengetahuan dan kebudayaan Islam.
- Badiah
Badiah merupakan wilayah padang pasir tempat tinggal orang-orang Badui. Wilayah ini masih murni dari budaya Arab asli, tidak berasimilasi dengan budaya luar. Badiah merupakan lembaga pendidikan non-formal digunakan sebagai untuk mempelajari bahasa Arab yang fasih dan murni serta mempelajari syair-syair dan sastra Arab dari penutur aslinya.
- Bimaristan (Rumah Sakit)
Pada masa Dinasti Abbasiyah yang mendirikan rumah sakit adalah Harun al Rasyid, yang memerintahkan kepada dokter Jibrail bin Buhtaisu untuk mendirikan rumah sakit di Baghdad. Di sebelah rumah sakit ada perpustakaan dan bilik untuk mengajarkan ilmu kedokteran dan ilmu obat-obatan.
- Lembaga Perpustakaan
Lembaga Perpustakaan merupakan salah satu pusat pengembangan pendidikan Islam, literatur-literatur, manuscript dari hasil karya ilmuan-ilmuan klasik menjadi bahan kajian. Perpustakan bukan hanya tempat untuk membaca, tetapi dijadikan tempat untuk mengkaji dan berdiskusi antara satu dengan lainnya. Hasil diskusi dan perdebatan ini melahirkan ilmu-ilmu baru.
Khalifah Harun al-Rasyid mendirikan Khizanah Al-Hikmah atau dikenal juga dengan nama baitul hikmah di Baghdad. Perpustakaan ini berisi ilmu-ilmu agama Islam dan bahasa Arab dan ilmu umum yang diterjemahkan dari bahasa Yunani, Persia, India, Qibty, dan Arami. Khizanah Al-Hikmah dipimpin seorang Nasrani Yuhana bin Maskawaih, selain mengelola perpustakaan juga menterjemahkan literatur asing ke dalam bahasa Arab.
Selain Khizanah al-Hikmah bermunculan perpustakaan… (next page 3)